Render adalah tahapan yang dilakukan
oleh komputer untuk memproses hasil pekerjaan editing menjadi format file
tertentu. Render dilaksanakan jika rancangan, edit dll, dan siap untuk
dipublikasikan.
Import File
dari AutoCad
Langkah-langkah
awal yang perlu diperhatikan sebelum memasukkan file dwg (AutoCAD) ke dalam
3D’s Max adalah sebagai berikut :
Jika gambar dwg
yang akan di-import di 3D’s Max berupa sebuah gambar yang kompleks, maka
sederhanakan gambar yang memang diperlukan sebagai ‘pattern’ pembuatan bentuk 3
dimensi, dengan cara menghapus gambar-gambar lain yang tidak dibutuhkan. Hal
ini dikarenakan semakin banyak jumlah garis, hatch, layer dan sebagainya, akan
memperlambat proses modelling saat di 3D’s Max.
Setelah menghapus
gambar-gambar yang tidak perlu, kemudian hapus semua hatch yang tidak
diperlukan, hapus juga dimensi dan text yang ada. Setelah itu, explode semua
objek dan jadikan 1 layer saja, kecuali Anda menghendaki mapping berdasarkan
layer. Kemudian save dengan nama lain, misalnya “denah lobby 3D.dwg”
Di 3D’s Max, buka
“file – import”, kemudian pada jendela yang ada, pilih lokasi file yang
diinginkan (misalnya “denah lobby 3D.dwg). Biasanya setelah berada di lokasi
file, file tidak terlihat. Hal ini dikarenakan default import file di 3DS
adalah untuk file 3d studio mesh dengan extension .3ds bukan file autocad
dengan extension .dwg. Untuk itu ubah dulu “File type”-nya ke “Legacy AutoCAD
(*.DWG)”
Setelah diubah file type-nya maka pilih file yang
dimaksud dan klik open. Selanjutnya akan keluar kotak dialog seperti ini :
Pilih “Merge
objects with current scene” dan klik ok. Terakhir akan muncul lagi kotak dialog
seperti ini :
Pada kelompok
“Geometry Options”, matikan selection untuk “weld” dan “Cap closed entities”,
selebihnya biarkan seperti itu dan klik ok.
Editing Material
Material akan sangat membantu untuk membentuk
suatu tekstur dan warna yang tidak mungkin dilakukan dengan mengedit obyek
tersebut secara manual contoh seperti detail pada benda yang sangat kecil, ada
banyak jenis material pada 3D max, namun disini saya akan menunjukkan cara
aplikasi material standart yang mempunyai fungsi memberi warna atau menempelkan
foto pada permukaan benda tersebut, agar lebih mudah dimengerti dan tidak
njlimet saya akan menggunakan contoh aplikasi material pada sebuah kotak, dan
tutorial ini cocok buat anda yang baru belajar 3ds max.
Buat sebuah benda kotak dengan ukuran terserah,
jika anda belum mengerti cara membuat kotak ikuti langkah saya pilih tab create
» Geometry » lalu pada “object type” pilih box klik kiri
mouse pada view perspektif dan tahan lalu drag secara horisontal untuk
memasukkan nilai panjang dan lebarnya lalu lepas drag kemudian drag lagi untuk
memasukkan nilai tingginya, ahirnya jadi degh sebuah box.
- Langkah
kedua setelah selesai membuat box buka material editor dengan mengeklik
pada tombol atau pencet M pada keyboard anda. Selanjutnya klik pada
tombol kotak disebelah diffuse lalu pada map browser pilih bitmap (
posisi paling atas ) kemudian cari foto yang ingin anda masukkan, pilih
bitmap apapun yang ingin anda pakai, usahakan yang anda pilih adalah
bitmap yang tidak di blur, setelah selesai klik icon Go To Parent
pada contoh disamping saya menggunakan tekstur kayu sebagai bitmapnya, setelah bitmap tersebut masuk dalam material editor seperti contoh disamping, selanjutnya klik pada box hingga posisi terpilih lalu pencet icon Assign material to selection atau memasukkan material dengan cara klik ditengah preview material lalu drag ke box yang sudah anda buat tadi. - Sampai
disini box yang anda buat tadi sudah mempunyai material foto pada
permukaannya, namun tidak semua obyek yang diberi material langsung muncul
pada viewport, seperti jika anda menggunakan 3Dmodel dari autocad yang
diimport kedalam max tentu tidak akan muncul, terus bagaimana cara
mengatasi jika tidak material tidak terlihat? untuk memastikan material
tersebut sudah masuk atau belum coba anda render dengan memencet F9
pada keyboard anda, jika obyek cuman 1biji akan mudah mengingatnya, tetapi
bagaimana jika anda ribuan obyek yang materialnya tidak terlihat?
solusinya adalah modifikasi box tersebut dengan menambahkan UVW map
caranya pilih modify » klik pada menu dropdown di modifier list
» lalu pilih UVW map dan material foto anda akan terlihat pada
viewport.
Mengatur Pencahayaan
Indirect Illumination adalah efek pencahayaan yang menghasilkan efek natural atau
asli yang memberi kesan lebih nyata, karena cahaya yang mengenai setiap objek
akan dipantulkan kembali. Sebenarnya banyak tekhnik pencahayaan dalam 3DS Max,
namun secara umum yang pernah saya pelajari dibagi menjadi dua bagian yaitu pencahayaan
secara tidak langsung atau lebih dikenal "Indirect
Illumination" (yang akan saya bahas sekarang ), dan pecahayaan langsung
atau satu arah atau nama kerennya "Direct Illumination".
Tekhnik Indirect Illumination adalah tekhnik pencahayaan yang sebenarnya terjadi di kenyataan, dimana cahaya mengenai permukaan suatu objek akan dipantulkan kembali oleh objek tersebut sehingga akan didapat pencahayaan yang merata dan menyebar keseluruh permukaan objek yang terkena pantulan cahaya tersebut.
Dalam 3D Max kita mampu membuat objek yang kita buat menjadi lebih nyata dengan rendering Skylight dengan tipe Advanced Lightning Light Tracer.
Yang pertama harus meyiapkan objek, misalnya saya memakai objek bola yang pernah saya bahas di postingan saya yang berjudul Membuat Bola 3Dimensi (bisa di klik kox heeee).
Setelah sobat menyiapkan objek yang akan kita beri efek pencahayaan, klik tab Create > Lights, kemudian pilih Skylight taruh saja disembarang tempat, karena poisi viewport tidak berpengaruh penyebaran cahayanya. Fungsi Skylight ini seperti matahari yang mempu menyinari seluruh isi alam semesta.
Tekhnik Indirect Illumination adalah tekhnik pencahayaan yang sebenarnya terjadi di kenyataan, dimana cahaya mengenai permukaan suatu objek akan dipantulkan kembali oleh objek tersebut sehingga akan didapat pencahayaan yang merata dan menyebar keseluruh permukaan objek yang terkena pantulan cahaya tersebut.
Dalam 3D Max kita mampu membuat objek yang kita buat menjadi lebih nyata dengan rendering Skylight dengan tipe Advanced Lightning Light Tracer.
Yang pertama harus meyiapkan objek, misalnya saya memakai objek bola yang pernah saya bahas di postingan saya yang berjudul Membuat Bola 3Dimensi (bisa di klik kox heeee).
Setelah sobat menyiapkan objek yang akan kita beri efek pencahayaan, klik tab Create > Lights, kemudian pilih Skylight taruh saja disembarang tempat, karena poisi viewport tidak berpengaruh penyebaran cahayanya. Fungsi Skylight ini seperti matahari yang mempu menyinari seluruh isi alam semesta.
Berikutnya buka tab Modify, maka disana
akan terlihat Skylight Parameter, disini saya tidak mengharuskan sobat
mengisi jumlah dari bagian para meter tersebut, tetapi saya akan
menjelaskan sedikit bagian penting dari Skylight Parameter.
- On : untuk mematikan dan menghidupkan
efek Sky Light
- Multiplier : nilai
kekuatan bias cahaya yang akan dikeluarkan, semakin tinggi nilai
Multiplier maka semakin terang cahayanya dan juga akan semakin berat
kinerja komputer sobat. Saran saya jika objek sobat sedikit lebih baik
biarkan dalam keadaan default.
- Use Scene Environment : adalah
penggunaan efek cahaya dari environment yang dipakai, untuk menampilkan Environment
tekan "8" atau cari menu Rendring >
Environment.
- Sky Color : Warna cahaya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, caranya klik kotak yang ada disebelah Sky Color
- .Cast Shadow : bayangan dari hasil hasil Sky Light
Untuk kali ini saya melakukan settingan seperti gambar Skylights Parameters diatas.
Setelah sobat mensetting parameternya sekarang pilih menu Rendering > Render , kemudian klik tab Advance Lighting, klik pilih Light Tracer, biarkan saja dalam keadaan default.
Kembali ke
tab Common di jendela Render Scene sobat bisa mengatur Output
Sizenya menjadi lebih kecil, karena fitur Light Tracer kalkulasi
waktunya cukup lama pada saat merender, jadi sobat harus sabar menunggu jika
menggunakan ukuran yang besar. Untuk kasus ini saya hanya menggunakan ukuran Width
:300 dan Height : 200 karena hanya
untuk tampilan di blog, heheheh!!
Jika sudah
klik Render yang ada di pojok kanan bawah
Hasil Rendering Interior Dan Eksterior
berikut adalah contoh video setting rendering dalam 3d MAX :
Keren gan hasil rendernya.
BalasHapusbagi agan yang berminat belajar desain 3D interior dan exterior bisa dilihat di situs berikut ini Kursus 3D
rendering output hasil kerja kita. mantap tutorialnya. kalau udah selesai gambarnya, cek lagi betonnya di Ilmubeton.com-Semua tentang beton <<<klik
BalasHapushttps://www.ilmubeton.com/
terimakasih