Jumat, 17 April 2015

PENGGUNAAN LANTAI PARKET PADA BANGUNAN



Seiring perkembangan gaya dalam berarsitektur lantai parket sering di gunakan akhir-akhir ini pada desain bangunan baik bangunan pribadi(rumah tinggal) maupun banguna publik.
Lantai parket adalah lantai yang terbuat dari lembaran papan kayu yang dipasang pada lantai cor dengan menggunakan bahan perekat khusus.Alasan penggunaan lantai parket dikarenakan selain menambah nilai estetika juga karena diniai lebih aman karena tidak sekeras lantai keramik. Berikut saya akan menjelaskan jenis jinis lantai parket.
Ada 3 jenis lantai parket yaitu solid,vinyl dan laminate parket dengan penjelasan sebagai berikut :
1.     Lantai parket solid

Solid parket adalah parket yang dibuat dari kayu yang solid. Umumnya memiliki ketebalan 12-15 mm. Parket jenis ini lebih awet dan tahan lama. Selain itu solid parket memiliki bahan yang lebih empuk dan memberi kesan yang lebih mewah
2.     Lantai parket vinyl

Vinyl parket adalah parket yang merupakan gabungan dari kayu solid dengan lapisan kayu yang memiliki kualitas rendah sebagai bagian bawahnya. Pada parket jenis ini kayu solidnya bisanya memiliki ketebalan 5 mm. Kayu parket jenis ini biasanya tidak terlalu awet dan tahan lama serta mudah dimakan rayap.         


3.     Luminate parket
Laminate parket adalah parket yang terbuat dari serbuk kayu. Kayu-kayu kualitas tinggi yang sudah berbentuk potongan-potongan akan digiling dan dijadikan serbuk. Serbut-serbuk kayu tersebut akan dicampur dengan bahan kimia sebagai perekat untuk kemudian dibuat menjadi lembaran-lembaran. Parket jenis laminate ini biasanya memiliki harga yang lebih murah dibanding yang lain. Akan tetapi parket jenis laminate ini tidak cukup awet dan harus diganti bila mengalami kerusakan.



  

JENIS KAYU UNTUK LANTAI PARKET

Kayu yang digunakan untuk kayu parket ada beberapa jenis. Untuk solid parket biasanya satu jenis kayu saja yang dipakai untuk keseluruhan parket. Kayu yang biasa digunakan adalah kayu jati, kayu oak, kayu sonokeling, kayu merbau dan lainnya. Biasanya harga solid parket lebih mahal terutama bila menggunakan kayu yang langka. Karenanya dibuatlah versi vinyl parket. Pada vinyl parket kayu-kayu langka dan mahal tersebut hanya digunakan sebagai lapisan atas yang tipis, sedangkan bawahnya digunakan kayu lapis yang ditempelkan dengan menggunakan lem khusus berkualitas tinggi sehingga memiliki daya rekat yang kuat dan tahan terhadap air.

video pemasangan lantai parket :




0 komentar:

Posting Komentar